Selasa, 07 Juli 2009

jalan di tempat? (June 11th, 2007)

Gw baru aja liat-liat profile beberapa temen gw di fs, udah pada maju semua y ternyata. Udah pada nemuin what they are interested in dan sukses di bidang itu. Yang gw omongin ini temen-temen SMA gw. Padahal baru sekitar 2 taun-an loh gw meninggalkan SMA, tapi banyak banget yang berubah. Ada yang jadi ketua organisasi di kampusnya, yang lain kerja sampe bisa beli motor sendiri, ada juga yang udah mau buka usaha sendiri, bahkan ada juga yang pergi ke Jepang dengan cheerleader, hoo, satu lagi, atlet yang sering bawa nama INDONESIA. Padahal selama di SMA nama mereka ga segaung si ketua OSIS, si anak basket, si juara olimpiade, atau si si yang lainnya yang membuat bangga sekolah. Kenyataannya sekarang, mereka bukan hanya bisa membuat sekolah bangga, tapi lebih dari itu, BANGSA INDONESIA. Hmm, siapa yang ga pengen kaya gitu? Gw ikut seneng sama keberhasilan mereka, tapi juga membuat gw merasa.. Ko gw ga ada apa2 ya? Ko gw stuck di sini2 aja y? Ko gw ga ada kemajuan y? Perasaan gw ga banyak berubah sejak meninggalkan SMA. Gw tetep wulan, yang belajar kalo ada ujian doang, yang kerjaannya ngobrol kalo di kelas, yang males kalo disuruh ngerjain pekerjaan wanita di rumah, yang sholat aja kadang-kadang masih belang blentong dan kebiasaan gw yang lainnya. Boro-boro buat ngebanggain nama bangsa, nama sendiri aja jarang..
Jadi teringat sama sms yang gw terima dari temen gw beberapa waktu yang lalu. Gw aga lupa gimana redaksinya, karna smsnya udah gw apus, tapi begini katanya kira-kira, “Moey, gw ngerasa jalan di tempat, sementara kalian (temen-temennya termasuk gw) maju dengan pesat”. Gw terdiam beberapa saat, setengah ga percaya. Bukannya apa, gw terima sms itu dari seorang teman yang menurut gw hebat, bahkan waktu SMA-pun gw memperkirakan dia akan jadi orang yang pertama sukses, tentu dengan segala macam keahliannya! Selanjutnya gw bales smsnya, yang intinya bilang kalo menurut gw dia hebat, dia udah ngelakuin banyak hal berguna, jadi gw ga setuju kalo dia bilang dia jalan di tempat. Masalah itu kemudian gw lupakan..
Suatu malam, si teman gw itu dateng ke rumah gw setelah beberapa lama kita ga ketemu. Ngobrol-ngalor ngidul, sampe akhirnya kita membahas sms itu. Akhirnya gw nemuin jawaban kenapa dia ngerasa “jalan di tempat”, karna dia punya GOALS/PLANS dalam hidupnya yang ternyata belum semuanya bisa tercapai. Sedikit menyinggung mata kuliah pengantar bisnis, kaya perusahaan, ada rencana strategis yang berkaitan sama visi misi, jangka panjang 5-10 tahun *kalo ga salah*, sama jangka pendek di bawah 5 tahun. Begitupun dia. Mulai dari masalah sekolah, kerja sampe akhirnya berumah-tangga dan hidup dengan dari hasil keringat dia. Itu semua udah dia buat rancangannya, dari sekarang, bukan bukan..tapi jauh sebelum sekarang. Bayangkan!! Tapi emang begitulah orang-orang hebat bekerja berdasarkan buku-buku yang pernah gw baca.
Bandingkan dengan gw! Haha, goals si gw buat, each days.. Terus apa yang salah? Karna gw buat goals dari jangka pendek ke jangka panjang. Padahal harusnya sebaliknya bukan. Kita tentuin visi misi kita, terus ditarik ke masa sekarang. Apa yang harus kita lakuin untuk mencapai visi kita tersebut. Haha.. dasar gw! Pantesan aja gw ga sukses-sukses.. So, mulai sekarang marilah membuat visi misi buat hidup kita masing-masing, sebelum terlambat *ini kaya iklan pencegahan DBD aja y?? Ehehe.. Tetap berkarya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar